Punya Visual Menarik, Inilah Manfaat Baca Komik untuk Anak

Si kecil sudah gemar membaca, belum? Membaca sangat penting diterapkan sejak dini, mengingat peran pentingnya dalam meningkatkan pengetahuan, komunikasi, dan kemampuan berbahasa. Dari beragam bahan bacaan, ternyata komik juga direkomendasikan sebagai bacaan anak, loh.

Sering dinilai kurang bermanfaat, ternyata gambar yang menarik dan kalimat yang singkat dalam komik, membuat anak lebih tertarik dan mudah memahami konten atau cerita yang disajikan. Paduan kata dan gambar dalam komik sangat membantu anak untuk lebih lancar membaca. Lebih dari itu, inilah manfaat membaca komik untuk anak.

manfaat membaca komik
Foto: Pexels.com

Meningkatkan Minat Literasi

Membaca adalah aktivitas penting, namun kurang disukai karena dinilai monoton dan dominan. Ini yang membuat menerapkan kebiasaan membaca pada anak jadi tidak mudah. Kehadiran komik sebagai bahan bacaan, bisa mendorong minat baca anak agar lebih sering membaca. Lama kelamaan, anak jadi rutin membaca karena penasaran dengan kelanjutan cerita komik yang seru, mudah dipahami, terlebih dengan ilustrasi menarik di dalamnya yang menggambarkan jalannya cerita.

Mempertajam Daya Ingat

Membaca mampu merangsang daya ingat karena merekam alur cerita. Anak yang selalu penasaran dengan cerita komik akan berusaha penuh mengingat cerita, bahkan akan menceritakannya kembali kepada orang tua, sahabat, dan teman-temannya. Jika sudah terbiasa, maka ia juga akan berperilaku sama saat membaca bacaan lain. Jadi, komik sangat baik untuk memulai.

Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas

Komik adalah cerita bergambar yang menarik perhatian anak. Visualisasi yang detail dan sangat ekspresif, membuat imajinasi si kecil berkembang. Seiring berjalannya waktu, anak juga akan terdorong untuk berpikir kritis terhadap bacaan yang ia baca. Membaca komik juga mampu mengembangkan kreativitas karena melihat beragam ilustrasi tokoh dan bangun ruang. Dengan begtu, anak juga lebih mengenal lingkungan luar.

membaca komik
Foto: Pexels.com

Melatih Membaca Cepat

Komik sangat bagus untuk melatih membaca cepat. Cerita bergambar dalam komik menggunakan kalimat singkat, sehingga lebih cepat dibaca. Metode ini efektif untuk membiasakan anak membaca dengan nyaman, sekaligus menghibur. Dengan terlatih membaca cepat, anak bisa meningkatkan skill membaca dengan tetap memahami apa jalan cerita.

Membentuk Karakter yang Kuat

Tidak sekadar memahami bacaan, tujuan mengajarkan anak membaca juga sekaligus membentuk karakternya. Dengan membaca, anak dapat memahami pesan moral yang disampaikan melalui pemikiran dan tindakan tokoh cerita. Rasa ingin tahunya juga lebih tinggi ketika membaca komik karena bergambar menarik, sehingga jika ada hal yang belum dimengerti akan terdorong untuk menanyakannya padamu.

Komik merupakan bahan bacaan yang efektif untuk melatih anak pandai membaca. Berbagai manfaat membaca komik di atas menjadi poin penting yang perlu diperhatikan. Tentunya, para orang tua perlu selektif dalam memilih komik yang akan dibaca anaknya. Pilihlah komik edukatif, seperti cerita ilmu pengetahuan, penjelajahan, cerita rakyat, fabel, dan kisah penuh moral lainnya. Dengan cara ini, membaca komik menjadi kegiatan positif untuk anak.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *