Perbedaan Demam Tifoid dan Tifus yang Harus Diketahui, Jangan Sampai Keliru

Penyebab Demam Tifus

Demam tifus disebabkan oleh bakteri rickettsia atau orientia, yang ditularkan oleh tungau atau kutu yang terinfeksi. Penyakit ini biasanya terjadi di tempat-tempat dengan sanitasi buruk atau ditularkan oleh hewan yang terinfeksi. Serangga dan parasit juga dapat menyebarkan bakteri tifus saat mereka menggigit tubuhmu dan meninggalkan kotoran yang mengandung bakteri di kulit.

Ada tiga jenis utama tifus, masing-masing disebabkan oleh bakteri yang berbeda:

  • Murine tifus, ditularkan oleh kutu ke manusia jika kutu tersebut menggigit hewan yang terinfeksi, terutama tikus.
  • Epidemi tifus, varietas langka yang disebabkan oleh kutu tubuh yang terinfeksi. Salah satu jenis epidemik dapat disebarkan oleh tupai terbang yang terinfeksi, tapi itu jarang terjadi.
  • Scrub tifus, disebabkan oleh tungau atau kutu yang terinfeksi.

Penyebab Demam Tifoid

Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut hidup di usus sehingga menyebabkan penyakit tifoid. Setelah itu, kotoran orang yang terinfeksi juga dapat mencemari makanan dan air dan menularkannya pada orang lain. 

Kondisi ini dapat menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi bakteri. Seseorang bisa terinfeksi jika menyentuh makanan atau minuman tanpa mencuci tangan. Selain itu, bisa juga karena air limbah yang mengandung kotoran masuk ke air minum atau makanan yang kamu konsumsi. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *