Penyebab Tenggorokan dan Mulut Kering Saat Bangun Tidur yang Terasa Tak Nyaman

1. Udara kering

Salah satu penyebab utama tenggorokan kering di pagi hari adalah udara kering di dalam ruangan. Udara kering dapat mengakibatkan penguapan cairan dari tubuh, termasuk dari tenggorokan, yang menyebabkan rasa kering dan tidak nyaman.

2. Bernapas melalui mulut

Selain itu, kebiasaan bernapas melalui mulut saat tidur juga bisa membuat tenggorokan terasa kering karena mulut terbuka dan udara yang masuk menjadi kering.

3. Merokok

Merokok dan konsumsi alkohol sebelum tidur juga dapat meningkatkan risiko tenggorokan kering di pagi hari. Kedua kebiasaan ini dapat menyebabkan dehidrasi tubuh dan mengiritasi tenggorokan saat tidur.

4. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas dan berminyak sebelum tidur juga dapat menjadi faktor penyebab tenggorokan kering di pagi hari.

5. Penggunaan AC Berlebihan

Saat AC dinyalakan dalam waktu yang lama, udara di dalam ruangan cenderung kehilangan kelembapan alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya, tenggorokan dan mulut bisa menjadi kering karena kurangnya kelembapan udara. Namun, tidak hanya itu, udara yang terlalu kering juga dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan, serta menyebabkan iritasi pada mata dan hidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *