Penyebab Telinga Terasa Penuh dan Tak Nyaman yang Harus Segera Diatasi

1. Kumpulan Belerang di Telinga

Kumpulan belerang di telinga dapat menyebabkan sensasi telinga penuh. Belerang yang berlebihan dapat menyumbat saluran telinga dan menyebabkan sensasi ‘penuh’ di telinga. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan tetes telinga yang dirancang khusus untuk melunakkan belerang sehingga menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan dari telinga.

2. Infeksi Telinga

Infeksi telinga bisa menjadi penyebab lain dari sensasi telinga penuh. Infeksi telinga dapat disebabkan oleh bakteri atau virus, dan jika tidak diobati dengan tepat, dapat menyebabkan rasa penuh di telinga. Pengobatan untuk infeksi telinga harus diresepkan oleh dokter dan biasanya melibatkan penggunaan obat tetes telinga atau antibiotik.

3. Penumpukan Cairan di Telinga

Cairan yang bertumpuk di telinga juga bisa menyebabkan sensasi telinga penuh. Hal ini biasanya terjadi ketika saluran pendengaran tersumbat atau terganggu, seperti pada kasus infeksi saluran pernapasan atas atau alergi. Untuk mengatasi masalah ini, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan dekongestan atau melakukan prosedur medis untuk mengeluarkan cairan yang terperangkap di telinga.

4. Disfungsi Saluran Eustachius

Disfungsi saluran Eustachius juga dapat menyebabkan telinga terasa penuh. Saluran Eustachius bertanggung jawab untuk menjaga tekanan udara di telinga seimbang dengan tekanan udara di luar telinga. Ketidakseimbangan tekanan udara dapat menyebabkan telinga terasa penuh. Cara mengatasi masalah ini dapat melibatkan penggunaan obat-obatan dekongestan atau teknik menelan untuk membuka saluran Eustachius.

5. Infeks

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah telinga terasa penuh adalah dengan menjaga kebersihan telinga. Membersihkan telinga secara teratur dapat mencegah penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan telinga terasa penuh. Namun, perlu diingat bahwa membersihkan telinga dengan cara yang benar, yaitu menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat atau minyak telinga khusus, agar tidak merusak gendang telinga.

Selain menjaga kebersihan telinga, menjaga kesehatan telinga juga penting untuk mencegah telinga terasa penuh. Hindari paparan suara berisik yang dapat merusak pendengaran, gunakan pelindung telinga saat berada di lingkungan yang berisik, dan periksakan secara rutin kesehatan telinga ke dokter spesialis THT.

i pada Telinga Tengah (Otitis Media)

Gejala umum dari kondisi telinga tengah yang terinfeksi adalah berkurangnya pendengaran yang disertai dengan nyeri telinga. Penyakit ini dapat disertai dengan demam ringan.

6. Perubahan Tekanan

Berbagai kondisi dapat menyebabkan perubahan tekanan di dalam telinga, yang mengakibatkan sensasi penuh yang disebabkan oleh penutupan tuba eustachius. Kondisi yang termasuk di dalamnya adalah:

  • Naik pesawat
  • Naik lift pada ketinggian tertentu
  • Mendaki gunung
  • Menyelam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *