Penyebab Telinga Bernanah yang Bikin Panik dan Khawatir

1. Infeksi Telinga Tengah

Telinga yang mengeluarkan nanah seringkali disebabkan oleh infeksi di bagian tengah telinga, yang dikenal sebagai otitis media. Biasanya terjadi pada anak-anak dan dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, namun infeksi saluran pernapasan atas merupakan penyebab umum.

Infeksi saluran pernapasan dapat menyebabkan peradangan di saluran yang menghubungkan ruang belakang gendang telinga dan tenggorokan (tuba eustachius). Kondisi ini dapat mengakibatkan penyumbatan saluran karena penumpukan cairan dan bakteri. Tanpa penanganan, cairan tersebut dapat berkembang menjadi nanah yang, seiring waktu, dapat menekan gendang telinga, menyebabkan robek, dan mengakibatkan keluarnya nanah dari telinga.

2. Sindrom Telinga Perenang

Sindrom telinga perenang juga dapat menjadi penyebab keluarnya nanah dari telinga, yakni infeksi bakteri atau jamur di saluran telinga luar (otitis eksterna). Biasanya terjadi setelah berenang, ketika telinga lembap. Kelembapan dapat mengakibatkan pengelupasan dinding saluran telinga luar, memudahkan kuman untuk menyebabkan infeksi. Selain itu, otitis eksterna juga dapat disebabkan oleh cara membersihkan telinga yang tidak benar.

3. Benda Asing Masuk ke Telinga

Penyebab lain adalah masuknya benda asing ke dalam telinga, terutama pada anak-anak. Potongan mainan kecil, manik-manik, makanan, serangga, atau cotton bud yang terjebak dalam saluran telinga dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, keluarnya nanah, dan bahkan robeknya gendang telinga jika tidak segera diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *