Penyebab Telat Haid 3 Bulan yang Harus Diwaspadai

6. Penyakit Kronis

Penyakit celiac dan diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan keterlambatan haid. Peradangan pada usus kecil akibat penyakit celiac dapat menghambat penyerapan nutrisi, sementara diabetes yang tidak terkontrol dapat memengaruhi gula darah dan hormon.

7. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid, baik hipotiroid maupun hipertiroid, dapat memengaruhi siklus haid. Kelenjar tiroid memainkan peran penting dalam mengatur fungsi tubuh, termasuk reproduksi. Gangguan tiroid dapat menunjukkan gejala seperti kelelahan, perubahan berat badan, rambut rontok, dan sensitivitas terhadap suhu.

8. Menopause Dini

Menopause dini, terjadi sebelum usia normal, dapat menyebabkan keterlambatan haid. Perimenopause, fase sebelum menopause, dapat disertai dengan gejala seperti hot flash, keringat berlebihan, sulit tidur, dan perubahan mood.

9. Hormon Prolaktin Berlebih

Produksi hormon prolaktin yang tidak normal, baik karena menyusui atau kondisi medis lainnya, dapat memengaruhi kinerja hormon lain yang mengatur menstruasi. Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan haid selama 3 bulan.

10. Penggunaan Alat Kontrasepsi (Pil KB)

Penggunaan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, dapat menyebabkan perdarahan yang tidak teratur. Setelah menghentikan penggunaan, dibutuhkan waktu untuk siklus haid kembali normal. Respon terhadap hormon kontrasepsi dapat bervariasi, dan pemulihan kesuburan setelah penghentian juga dapat memakan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *