Penyebab Tangan Bengkak dan Gatal yang Mengganggu Aktivitas

1. Konsumsi Garam Terlalu Banyak

Mengkonsumsi keripik kentang atau makanan yang digoreng dapat menyebabkan jari bengkak, terutama jika terlalu asin.

Tubuh perlu menjaga keseimbangan garam dan air. Garam menyebabkan tubuh menahan cairan. Menambahkan natrium ekstra menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air, yang dapat menyebabkan jari-jari tangan bengkak.

2. Osteoarthritis atau Rheumatoid Arthritis

Pembesaran satu tulang pada sendi jari, terutama jika pembengkakan muncul di pagi hari, dapat mengindikasikan osteoartritis sebagai penyebabnya.

Osteoartritis adalah suatu bentuk artritis yang berkaitan dengan usia yang terjadi ketika jaringan bantalan di ujung sendi melemah. Biasanya, meskipun tidak selalu, berhubungan dengan rasa sakit dan kekakuan.

Menurut Cleveland Clinic, rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit autoimun yang menargetkan lapisan sendi, yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

RA, atau artritis reumatoid, tidak berkaitan dengan usia dan dapat memengaruhi individu dari segala usia. Pembengkakan pada jari biasanya terjadi pada pergelangan tangan dan sendi jari penderita RA.

3. Infeksi Pada Jari

Kondisi jari bengkak dan bernanah dikenal sebagai felon. Infeksi dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kuku yang tumbuh ke dalam atau menggigit kuku.

Selain itu, kondisi ini dapat menyebabkan perpindahan bakteri ke jari, yang menyebabkan gejala seperti pembengkakan, kemerahan, dan nyeri berdenyut. Demikian pula, trauma dan cedera ringan seperti luka sayat, luka tusuk, dan serpihan dapat menghasilkan efek yang serupa.

Pada kasus jari bengkak yang disebabkan oleh infeksi, penanganan awal adalah dengan menggunakan air hangat atau larutan garam serta salep khusus. Namun, jika terdapat rasa sakit yang parah, gangguan fungsi jari, atau adanya nanah, dianjurkan untuk segera mencari pertolongan medis untuk penanganan lebih lanjut.

4. Olahraga 

Selama berolahraga, jari dan tangan dapat mengalami pembengkakan akibat pembuluh darah tubuh yang merespons kebutuhan energi yang meningkat pada otot.

Selama berolahraga, tubuh menghasilkan panas, menyebabkan sistem pembuluh darah meningkatkan aliran cairan ke jari, tangan, dan kaki sebagai mekanisme pendinginan alami.

5. Efek Samping dari Obat-obatan

Beberapa obat, termasuk obat tekanan darah tinggi, obat nyeri, obat diabetes, steroid, dan pil KB, dapat menyebabkan pembengkakan sebagai efek samping yang umum.

6. Kehamilan

Pembengkakan adalah hal yang umum terjadi pada wanita hamil.

Pembengkakan pada tangan dan wajah dapat menjadi tanda potensial preeklampsia, suatu komplikasi yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Jika preeklamsia tidak ditangani, maka dapat menyebabkan kerusakan organ, khususnya pada hati dan ginjal. Selain itu, preeklampsia sering ditandai dengan jari-jari yang membengkak dan juga dapat menimbulkan gejala seperti penglihatan kabur, kadar protein yang tinggi dalam urin, sakit kepala, mual, dan muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *