Penyebab Perut Terasa Mual yang Harus Diwaspadai

1. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD, juga dikenal sebagai penyakit refluks asam lambung, terjadi ketika asam lambung mengalir dari perut ke kerongkongan, mengakibatkan iritasi pada mulut dan kerongkongan. Gejala yang umum terjadi adalah mual, muntah, nyeri perut, nyeri ulu hati, dan sensasi terbakar di dada.

2. Tukak Lambung

Tukak lambung diakibatkan oleh kerusakan yang terjadi pada lapisan dinding lambung. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, efek samping obat, merokok, atau konsumsi alkohol yang berlebihan. Selain itu, gejala kondisi ini meliputi mual, perut kembung, lemas, sering bersendawa, dan dada terasa terbakar.

3. Flu Perut

Flu perut atau gastroenteritis adalah infeksi pada sistem pencernaan yang terjadi ketika makanan terkontaminasi oleh virus atau kuman. Gejalanya dapat berupa mual setelah makan, diare, muntah, demam, sakit perut, sakit kepala, dan lemas.

4. Makanan yang Terkontaminasi

Keracunan makanan adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi, yang mengakibatkan gejala-gejala seperti mual, sakit perut, diare, kembung, muntah, dan lemas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *