Penyebab Mata Terasa Lelah, Pengaruh Pola Hidup yang Buruk

Penyebab mata lelah bisa menjadi masalah yang mengganggu, terutama bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer. Mata lelah dapat terjadi karena berbagai alasan, tetapi salah satu penyebab utamanya adalah terlalu lama menatap layar komputer atau gadget.

Ketika mata terus-menerus fokus pada layar, otot-otot mata bekerja keras untuk tetap fokus. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan membuatnya terasa kering, gatal, atau bahkan sakit. Selain itu, cahaya biru yang dipancarkan oleh layar komputer juga dapat menyebabkan kelelahan mata. Cahaya biru telah terbukti dapat mempengaruhi ritme sirkadian tubuh dan membuat mata terasa lelah.

Kondisi lingkungan juga dapat menjadi penyebab mata lelah. Misalnya, jika ruangan terlalu terang atau terlalu gelap, mata akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut, sehingga menyebabkan kelelahan mata. Selain itu, udara yang kering di dalam ruangan juga dapat membuat mata terasa lelah dan kering.

Selain itu, kurang tidur, stres, kurangnya istirahat atau olahraga, serta kurangnya konsumsi air juga bisa menjadi penyebab mata lelah. Semua faktor ini dapat memengaruhi kesehatan mata dan menyebabkan kelelahan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *