Penyebab Darah Haid Menggumpal yang Sering Bikin Panik

Salah satu penyebab umum darah haid menggumpal adalah ketidakseimbangan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh. Ketika hormon-hormon ini tidak seimbang, dinding rahim tidak bisa mengikis secara efektif, sehingga darah haid tidak bisa keluar secara lancar dan berkumpul di dalam rahim. Hal ini dapat menyebabkan darah haid menggumpal saat dikeluarkan.

Selain itu, kondisi medis seperti endometriosis atau fibroid uterus juga dapat menyebabkan darah haid menggumpal. Endometriosis terjadi ketika jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim tumbuh di luar rahim, sementara fibroid uterus adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam dinding rahim. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan yang tidak teratur dan darah haid yang menggumpal.

Kondisi medis lainnya seperti polip rahim, gangguan pembekuan darah, atau infeksi panggul juga dapat menjadi penyebab darah haid menggumpal. Polip rahim adalah pertumbuhan jaringan yang tidak normal di dalam rahim, sementara gangguan pembekuan darah seperti hemofilia bisa menyebabkan darah haid lebih menggumpal dari biasanya. Infeksi panggul juga dapat menyebabkan peradangan di dalam rahim dan menyebabkan darah haid menggumpal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *