Penyebab ASI Tersumbat yang Sering Bikin Panik dan Khawatir

1. Menyusui Lebih Sering

Pertama-tama, Moms yang mengalami ASI tersumbat sebaiknya menyusui secara lebih sering. Dengan menyusui lebih sering, payudara akan terangsang untuk memproduksi lebih banyak ASI.

2. Posisi Menyusui Diubah

Selain itu, posisi menyusui juga dapat memengaruhi aliran ASI. Moms sebaiknya mencoba berbagai posisi menyusui untuk membantu melancarkan ASI yang tersumbat.

3. Pijat dan Kompres Payudara

Selain itu, pijat juga dapat membantu melancarkan ASI yang tersumbat. Moms dapat melakukan pijatan lembut pada payudara yang tersumbat untuk membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa tidak nyaman. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu melembutkan jaringan payudara dan melancarkan aliran ASI. Mengompres payudara dengan air hangat juga dapat membantu mempercepat aliran ASI.

4. Memerah ASI

Memerah ASI juga bisa menjadi solusi untuk melancarkan ASI yang tersumbat. Dengan memerah ASI secara teratur, Moms dapat membantu mengurangi tekanan pada payudara dan melancarkan aliran ASI. 

Selain cara-cara di atas, Moms juga dapat mencoba menggunakan pompa ASI untuk membantu mengatasi saluran tersumbat. Pompa ASI dapat membantu mengeluarkan ASI secara efisien dan memudahkan aliran susu.

5. Konsultasi dengan Dokter

Terakhir, jika ASI tersumbat disebabkan oleh infeksi, Moms sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Infeksi pada payudara dapat menyebabkan rasa nyeri yang hebat dan bahkan demam. Dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi infeksi dan melancarkan aliran ASI.

Dengan melakukan berbagai cara di atas, Moms bisa membantu melancarkan ASI yang tersumbat dan tetap menyusui dengan nyaman. Penting untuk diingat bahwa setiap Moms memiliki pengalaman yang berbeda, maka konsultasikan dengan dokter atau ahli laktasi sebelum melakukan tindakan apa pun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *