Penyebab Anemia Aplastik yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Anemia Aplastik adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang sangat rendah atau bahkan tidak ada sama sekali di sumsum tulang. Kondisi ini dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, pusing, dan perdarahan yang parah. Anemia aplastik dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi virus, paparan zat kimia beracun, atau reaksi terhadap pengobatan tertentu.

Dalam anemia aplastik, sumsum tulang menjadi rusak dan tidak mampu memproduksi sel-sel darah dengan efektif. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kadar hemoglobin dalam darah, yang merupakan salah satu gejala utama anemia. Selain kelemahan dan kelelahan, penderita juga dapat mengalami infeksi berulang dan perdarahan pada gusi atau kulit.

Anemia aplastik dapat terjadi secara tiba-tiba (akut) maupun berlangsung secara bertahap (kronis). Gejalanya meliputi kelelahan, pusing, mual, kulit pucat, dan mudah memar. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, namun lebih umum terjadi pada remaja dan dewasa muda.

Oleh karena itu, kamu perlu memahami mengenai anemia aplastik. Berikut penjelasan mengenai penyebab anemia aplastik beserta gejalanya yang harus segera disadari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *