Munculnya Dokter Gadungan, PB IDI Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat untuk Memeranginya

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini muncul berita mengenai dokter gadungan yang berhasil ditanggap polisi pada pekan lalu. Elzizan Aminuddin, seorang pria berusia 42 tahun telah tertangkap setelah menjadi buronan selama lebih dari dua tahun. Melansir dari bola.com (6/2), terungkap bahwa dokter gadungan tersebut pernah bekerja di PSSI Sleman pada musim 2020-2021. Pria tersebut dibekuk di kediamannya di Cibodas, Tangerang pada Rabu (24/1).

Melalui zoom, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT (Ketua Umum PB IDI) dan Dr. dr. Gregorius Yoga Panji Asmara, S.H., M.H., C.L.A., C.C.D., C.M.C. (Anggota Biro Hukum Pembinaan dan Pembelaan Anggota / BHP2A PB IDI), mencoba memberikan edukasi kepada masyarakat dan rekan media untuk mengenali dan berhati-hati akan dunia profesi kedokteran.

Dalam ruang zoom, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT (Ketua Umum PB IDI) menjelaskan bahwa IDI memiliki komitmen untuk menjaga pelayanan dan kompetensi dalam profesi dunia kedokteran untuk melindungi dan menjamin kesehatan masyarakat. Terkait hal ini, PB IDI sangat menyarankan dan mempersilakan masyarakat untuk melaporkan jika memiliki keraguan akan praktek atau keraguan akan pelayanan kesehatan terhadap seorang dokter kepada Dinas Kesehatan atau IDI di daerah tersebut.

Dalam menanggapi kasus ini instansi juga perlu untuk berhati-hati dalam mempekerjakan seorang dokter dengan mempertimbangkan beberapa kriteria atau ketentuan data yang harus dimiliki bagi dokter yang hendak melakukan praktek di instansi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *