Mengenal Stiff Person Syndrome, Penyakit Langka yang Diidap Celine Dion

Sayangnya, sampai saat ini penyebab SPS belum sepenuhnya dipahami. Namun, gangguan ini diyakini dengan gangguan autoimun, yakni kondisi sistem imun tubuh menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Banyak orang dengan SPS membuat antibodi terhadap asam glutamat dekarboksilase (GAD). GAD berperan dalam pembuatan neurotransmitter bernama gamma-aminobutyric acid (GABA), yang membantu mengontrol pergerakan otot.

Para peneliti belum memahami peran pasti yang dimainkan GAD dalam perkembangan dan memburuknya SPS. Penting untuk diperhatikan bahwa adanya antibodi GAD tidak berarti seseorang menderita SPS. Faktanya, sebagian kecil masyarakat umum memiliki antibodi GAD tanpa efek samping apa pun.

Ada antibodi lain yang terkait dengan SPS, termasuk antibodi reseptor glisin, amphiphysin, dan DPPX (dipeptidyl peptidase-like protein 6). Ada juga beberapa orang dengan SPS yang tidak memiliki antibodi yang terdeteksi. Penelitian sedang berlangsung untuk melihat apakah ada antibodi potensial lain yang belum ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *