Kenali Penyebab Hipertiroidisme Serta Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Hipertiroidisme, juga dikenal sebagai penyakit Graves, adalah kondisi medis yang disebabkan oleh produksi hormon tiroid yang berlebihan. Penyebab hipertiroidisme bisa bermacam-macam, namun penyebab utamanya adalah disfungsi kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar kecil yang terletak di leher dan bertanggung jawab untuk memproduksi hormon tiroid, yang mengatur metabolisme tubuh. Ketidakseimbangan dalam produksi hormon ini dapat menyebabkan terjadinya hipertiroidisme.

Salah satu penyebab utama hipertiroidisme adalah penyakit Graves, yang merupakan penyakit autoimun. Pada penyakit Graves, sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid dan membuatnya menjadi hiperaktif, memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Selain itu, penyebab lainnya termasuk nodul tiroid yang berfungsi secara mandiri, peningkatan aktivitas kelenjar tiroid, atau kejadian langka seperti tumor pada kelenjar tiroid.

Stres emosional, infeksi, radiasi, atau faktor genetik juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan hipertiroidisme. Wanita lebih rentan terhadap kondisi ini, terutama selama usia reproduksi. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena hipertiroidisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *