Kenali Bradikardia, Kondisi Medis Penyebab Denyut Jantung Lemah

Salah satu penyebab bradikardia adalah aktivitas fisik yang berlebihan. Jika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat atau berlebihan, seperti olahraga berat atau bekerja keras di luar ruangan, detak jantungnya dapat melambat sebagai respons terhadap stres fisik yang dialami. Namun, biasanya detak jantung akan kembali normal setelah tubuh pulih dari stres tersebut.

Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan bradikardia. Beberapa obat-obatan, seperti beta blockers, digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau gangguan irama jantung, dan dapat menyebabkan detak jantung melambat.

Gangguan jantung atau penyakit jantung juga dapat menjadi penyebab bradikardia. Beberapa kondisi medis, seperti penyakit arteri koroner, serangan jantung, atau gagal jantung, dapat memengaruhi fungsi jantung seseorang dan menyebabkan detak jantung menjadi lambat.

Selain itu, penuaan juga dapat menjadi faktor risiko bradikardia. Seiring dengan bertambahnya usia, jantung seseorang dapat mengalami perubahan struktural dan fungsional yang dapat mengakibatkan detak jantung menjadi lebih lambat.

Kondisi medis lainnya, seperti hipotiroidisme atau gangguan otak, juga dapat memengaruhi detak jantung seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *