Barley, Alternatif Makanan Tinggi Serat

Nasi beras putih memang jadi makanan pokok yang umum di Indonesia, tapi tahukah sahabat sehat ada alternatif serealia lain yang bisa kamu coba, salah satunya adalah Barley, bukan hanya sumber karbohidrat yang mengenyangkan, tetapi barley juga termasuk makanan tinggi serat. 

“Belum makan kalau belum makan nasi” jadi istilah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, perlu kamu ketahui sumber karbohidrat bukan hanya dari nasi beras putih, kamu bisa pilih sumber karbohidrat lain, misal barley. 

nasi barley
Foto: Freepik.com

Kandungan Gizi Barley, Makanan Tinggi Serat 

Barley yang biasa juga disebut jelai merupakan bahan pangan dalam kelompok serealia. Barley berbeda dengan nasi putih, ukuran per bijinya lebih besar dan bulat. Lantas, bagaimana dengan kandungan gizinya?

100 gram barley kupas yang sudah matang menurut U.S Department of Agriculture memiliki kalori 123 Kkal, protein 2,26 g, lemak 0,4 g, karbohidrat 28,2 g, kalsium 11 mg, zat besi 1,3 mg, dan serat 3,8 gram. Jika dibandingkan dengan nasi putih, serat barley jauh lebih tinggi. 

Jadi, 100 gram barley bisa memenuhi sekitar 15% kebutuhan serat harian. Namun, jumlah tersebut tidak lebih tinggi daripada serat nasi jagung dari olahan jagung pipil yang serat per 100 gramnya mencapai 6,2 gram. 

Barley, Alternatif Makanan Pokok Selain Nasi Putih

Jika Sahabat Sehat ingin coba ganti nasi dengan sumber karbohidrat lain, maka barley bisa masuk dalam menu sehari-hari. Membuat variasi menu selain nasi putih bisa kamu coba agar tidak bosan, dan yang paling penting adalah tubuh bisa dapat variasi gizi dari menu yang juga bervariasi. 

barley
Foto: Pexels.com

Kamu bisa membuat variasi nasi putih campur barley, cara masaknya sama dengan cara memasak nasi. Tekstur barley kenyal dan rasanya tidak jauh berbeda dengan rasa nasi putih. Namun, harga barley lebih mahal daripada beras putih, yaitu sekitar 30-40 ribu rupiah per kilogramnya. 

Manfaat Barley untuk Kesehatan

Kandungan serat sendiri memiliki manfaat baik untuk pencernaan, seperti mencegah sembelit. Lebih dari itu, Journal of Cereal Science menunjukkan barley yang mengandung serat beta glucan baik untuk diet mengontrol berat badan, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Efek positif untuk kesehatan yang sama juga disampaikan dalam hasil studi dari Journal of Food and Drug Analysis. Selain itu, studi tersebut juga serupa dengan hasil studi Journal of Food Bioactives, bahwa barley punya efek antidiabetes.

Sahabat Sehat, tertarik konsumsi makanan tinggi serat menggunakan barley? Banyak pilihan makanan sumber karbohidrat dan tinggi serat lainnya, jadi ngga hanya barley, kamu juga bisa variasikan dengan bahan pangan lainnya, misal nasi beras merah atau nasi jagung. 

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Idehen, E., Wang, W., & Sang, S. (2020). Health benefits of barley for diabetes. Journal of Food Bioactives, 12. http://www.isnff-jfb.com/index.php/JFB/article/view/162. Diakses 29 Juli 2023. 

Idehen, E., Tang, Y., & Sang, S. (2017). Bioactive phytochemicals in barley. Journal of food and drug analysis, 25(1), https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1021949816301223. Diakses 29 Juli 2023. 

Kemenkes. Daftar Komposisi Pangan Indonesia. https://www.panganku.org/id-ID/semua_nutrisi. Diakses 29 Juli 2023. 

Li, Y., Li, T., & Liu, R. H. (2022). Bioactive compounds of highland barley and their health benefits. Journal of Cereal Science, 103, 103366.https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0733521021002071. Diakses 29 Juli 2023. 

Suharto. 2015. Jelai Makanan Masa Depan. Cybex Pertanian. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/3651/JELAI-MAKANAN-MASA-DEPAN/. Diakses 29 Juli 2023

U.S. Department of Agriculture. 2019. FoodData Central: Barley, Pearled, Cooked. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170285/nutrients.Diakses 29 Juli 2023. 

About the Author

Putri Yulianingtyas

Lulusan Diploma Tiga Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *