Apakah Konsumsi Bawang Putih Bisa Mengontrol Kolesterol? Cek Penjelasannya Menurut Penilitian

Bentuk bawang putih yang paling umum digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol adalah dalam bentuk bawang putih mentah atau ekstrak bawang putih. Bawang putih mentah dapat dimakan langsung atau dicampur ke dalam makanan atau minuman, sedangkan ekstrak bawang putih biasanya dijual dalam bentuk suplemen kesehatan.

Dosis bawang putih untuk membantu menurunkan kolesterol bervariasi tergantung pada bentuknya. Untuk bawang putih mentah, dosis yang disarankan adalah 1-2 siung per hari, sementara untuk ekstrak bawang putih, dosis yang disarankan adalah 600-1,200 mg per hari. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi bawang putih dalam dosis tinggi, terutama jika sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Jadi, benarkah konsumsi bawang putih bisa membantu mengontrol kolesterol? Ya, ada bukti-bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat memiliki efek positif dalam mengontrol kadar kolesterol. Namun, bawang putih tidak boleh dijadikan sebagai satu-satunya penanganan masalah kolesterol, dan pengaturan gaya hidup sehat adalah kunci utama dalam mengontrol kolesterol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *