Apakah Bubur Sumsum Aman Dikonsumsi Pemilik Kolesterol? Cek Penjelasannya

1. Beras

Bubur sumsum umumnya dibuat dari beras, yang merupakan sumber karbohidrat utama. Beras menyediakan energi dengan cepat dan merupakan bagian penting dari pola makan seimbang. Karbohidrat dalam bubur sumsum memberikan kestabilan gula darah dan memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

2. Santan

Santan, yang biasanya digunakan untuk memberikan kelembutan dan kelezatan pada bubur sumsum, mengandung lemak sehat. Lemak dalam santan dapat membantu penyerapan vitamin, terutama vitamin A, D, E, dan K, yang larut dalam lemak. Meskipun tinggi kalori, lemak dalam santan dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan memainkan peran penting dalam fungsi seluler.

3. Gula Kelapa

Beberapa resep bubur sumsum menggunakan gula kelapa sebagai pemanis alami. Gula kelapa mengandung beberapa nutrisi, seperti zat besi, kalium, dan serat. Meskipun gula kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir, pemilik kolesterol sebaiknya tetap memperhatikan asupan gula untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Sumsum Tulang Sapi

Bubur sumsum otentik sering kali menggunakan sumsum tulang sapi untuk memberikan cita rasa khas. Sumsum tulang sapi mengandung nutrisi penting seperti protein, lemak, dan beberapa vitamin dan mineral. Namun, karena mengandung lemak jenuh, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak oleh mereka yang memiliki masalah kolesterol.

5. Daun Pandan

Daun pandan sering digunakan untuk memberikan aroma khas pada bubur sumsum. Selain memberikan keharuman, daun pandan juga diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *