9 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Melancarkan Sistem Pencernaan dan Menurunkan Kolesterol

1. Menjaga Kesehatan Lambung

Manfaat mengonsumsi beras kencur yang pertama, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan lambung. Kandungan yang terdapat di dalam beras kencur, mampu menebalkan dinding lambung, yang terdiri dari mukosa luar dan dalam, muscularis externa dan serosa, sehingga orang yang rutin mengonsumsi beras kencur bisa terhindar dari kerusakan dinding lambung.

2. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi beras kencur bisa membantu mengontrol berat badan, agar kadar kolesterol seimbang di dalam tubuh. Karena nutrisi yang terkandung di dalam beras kencur ini, mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Sehingga napsu makan terkontrol dan lemak di dalam perut tidak menumpuk.

3. Mengobati Flu

Manfaat beras kencur yang selanjutnya, yaitu membantu mengobati sakit flu. Beras kencur mengandung antioksidan dan bisa menghangatkan tubuh, sehingga beras kencur bisa membantu memerangi virus di dalam tubuh yang menyebabkan sakit flu.

4. Mencegah Diabetes

Beras kencur juga bisa membantu mencegah diabetes, karena tingginya kadar antioksidan di dalam beras kencur, bisa mengontrol kadar gula darah atau menurunkan glukosa tubuh. Sehingga minuman ini cocok dikonsumsi orang yang menderita diabetes.

5. Sariawan

Beras kencur juga memiliki manfaat yang bisa membantu mengobati sariwan. Beras kencur mengandung antibakteri dan minyak atsiri, seperti borneol, kamfer, sineol dan etilalkohol, yang bisa jadi peluruh dahak, menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta membunuh kuman penyebab sariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *