7 Cara Mengurangi Gula dengan Mengatur Makanan yang Lebih Sehat pada Liburan Akhir Tahun

Fimela.com, Jakarta Menjelang liburan akhir tahun, setelah sekian lama bekerja keras hampir setahun penuh, saatnya melepas penat dengan berlibur bersama teman, keluarga, serta pasangan.

Momen yang dinantikan untuk jalan-jalan atau berlibur adalah ketika memasuki libur akhir tahun, tidak terlepas dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi dan mengandung banyak gula.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife, Susan Bowerman mengatakan makanan ringan berkalori tinggi dapat berarti kalori berlebih dan juga dapat mempengaruhi tingkat energi Anda. Dosis gula dapat mempengaruhi gula darah melonjak tinggi, tetapi untuk turun dengan cepat dan efek gula naik turun ini sering kali menyebabkan keinginan lebih banyak gula.

“Jadi, pentingnya untuk mengatur kebiasaan sehat selama musim libur akhir tahun ini untuk membantu mengendalikan keinginan makan manis sebelum menjadi sulit dikendalikan sepanjang tahun,” katanya.

Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk lebih baik menghadapi makanan pada liburan akhir tahun.

Puaskan Keinginan Manis

The Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan memilih buah segar atau sayuran daripada semangkuk permen. Seperti waktu di kantor, cobalah buah segar dengan yogurt yang mengandung tinggi protein, atau segenggam trail mix yang terbuat dari kacang dan buah kering.

Seperti buah berry juga merupakan pengganti gula yang baik, karena mereka manis, lezat, dan mudah dimakan. Mengisi perut dengan makanan bergizi ini sebelum menghadiri suatu acara juga dapat membantu menghindari konsumsi berlebihan seperti permen dan camilan – banyak di antaranya mengandung banyak gula, lemak, dan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Makan dengan Penuh Perhatian

Bagi banyak dari kita, libur akhir tahun yang penuh stres di mana kita akan makan saat dalam perjalanan atau saat mencicipi hidangan di atas meja. Ingatlah untuk makan dengan lambat, dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi otak untuk memberi tahu bahwa Anda sudah kenyang, setidaknya luangkan waktu untuk memikirkan apa yang dimakan.

Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya lapar untuk permen ketiga ini atau apakah buah atau segelas air menjadi pilihan yang lebih baik?” Makan intuitif atau mendengarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan tubuhmu dapat membantu pilihan makanan apa yang terbaik waktu itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *