5 Jenis Daun untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Bantu Obati Diabetes dengan Ramuan Alami

Berfungsi sebagai bahan pelengkap untuk masakan, daun salam juga mengandung sederet nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, dan asam folat. Nutrisi tersebut membuat jenis daun ini dapat digunakan dalam pengobatan tradisional. Studi dari Journal of Biochemical Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi 1-3 gram daun salam selama 30 hari akan membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengurangi kadar glukosa darah dan kolesterol.

Mengonsumsi daun salam akan meningkatkan metabolisme insulin dan glukosa. Terlebih lagi, adanya kandungan senyawa polifenol yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Gunakan daun salam secara utuh atau dalam bentuk bubuk sebagai bahan tambahan untuk masakan. Penggunaan daun salam, meski hanya dalam satu sendok sudah cukup untuk membantu dalam mengendalikan gula darah. 

4. Daun Sage

Daun sage termasuk ke dalam bumbu yang bisa dijadikan sebagai obat, Selain itu, daun ini juga dapat ditambahkan pada teh. Tak hanya bisa mengurangi kadar gula, daun sage dapat membantu dalam peningkatan sekresi insulin. Untuk mengonsumsinya, masukkan sage ke dalam makanan yang diinginkan atau jadikan sebagai bahan untuk minuman teh.

5. Daun Jambu Biji

Ekstrak daun jambu biji memiliki nutrisi, seperti vitamin C dan kalium yang memiliki beragam manfaat, seperti meningkatkan kadar gula darah dan resistensi insulin. Lebih lanjut secara signifikan, daun ini akan membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan dan jantung. Daun jambu biji juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap. 

 

Beberapa jenis daun tersebut bisa digunakan untuk bahan pelengkap bagi penderita diabetes. Penting untuk diperhatikan bahwa jenis daun tersebut hanya digunakan untuk melengkapi, bukan sebagai satu-satunya obat herbal untuk menurunkan kadar gula darah. Maka dari itu, imbangi dengan gaya hidup dan kebiasaan makan makanan yang sehat. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *