4 Tips Mengonsumsi Durian yang Aman untuk Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Durian adalah buah tropis yang terkenal dengan tekstur daging buahnya yang kaya akan lemak dan rasa manisnya yang unik. Di banyak negara Asia Tenggara, buah durian sering dianggap sebagai salah satu buah istimewa yang sangat disukai. Namun, konsumsi durian berlebihan dapat memiliki efek samping yang tidak diinginkan pada kesehatan, terutama terkait dengan peningkatan kadar kolesterol dan gula darah.

Durian mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke jika tidak dijaga dengan baik. Selain itu, durian juga kaya akan gula alami, yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah mengonsumsinya. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi mereka yang menderita diabetes atau memiliki risiko tinggi terkena diabetes.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Malaysia, hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi durian secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah, kadar kolesterol dan tekanan darah dalam jangka pendek. Meskipun durian mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, serat, dan antioksidan, namun konsumsi durian dengan jumlah yang berlebihan tetap perlu diwaspadai. Berikut tips makan durian yang aman untuk kolesterol:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *